Kamis, 01 April 2010

Ide Presentasi dengan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)


Perkembangan TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi ) saat ini di bidang pendidikan telah meningkatkan munculnya ide-ide presentasi bagi guru. Dalam proses pembelajaran di kelas, setiap guru perlu untuk dapat mengungkapkan ide-idenya tentang materi pembelajaran di depan murid-murid mereka. Prestasi dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran tergantung pada guru dengan presentasi ide-ide inovatif. Mereka para guru tersebut harus memiliki ide-ide presentasi yang baik untuk menciptakan lingkungan belajar yang efisien. Mereka harus menggunakan berbagai fasilitas TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) sebagai media bantu pembelajaran Interaktif seperti Whiteboard Interaktif, Proyektor, Visualisers, Digital Signage, Sistem Tanggap dll.

Untuk mengimplementasikan ide-ide presentasi mereka, salah satu yang paling penting dari ide-ide presentasi guru tersebut adalah menciptakan sumber daya pembelajaran multimedia interaktif. Isi dari materi pembelajaran multimedia interaktif tersebut harus diusahakan tidak mengandung informasi yang imaterial dan tidak jelas. Sumber daya multimedia adalah jantung dari proses pembelajaran dalam bentuk audio visual interaktif. Seorang guru yang menyampaikan materi pembelajaran dengan baik melalui sumber daya multimedia tersebut dapat menarik minat belajar siswa di kelas. Dari berbagai penelitian tentang pengaruh penggunaan sumber daya multimedia, menunjukkan bahwa Siswa belajar dan menyimpan informasi lebih banyak melalui visual dibandingkan dengan mendengar kata-kata yang diucapkan.

Berbagai peralatan yang mendukung ide-ide presentasi multimedia saat ini telah tersedia. Whiteboard Interaktif digunakan sebagai pengganti papan tulis tradisional di dalam kelas. Alat-alat presentasi lain yang dapat dimanfaatkan seperti anotasi, lampu sorot, wrapscreen, catatan dll Visualisers merupakan salah satu alat presentasi sangat ampuh digunakan dalam pelajaran-pelajaran yang dapat menampilkan teks, 2D atau objek 3D dalam tampilan rinci ke seluruh kelas. Ini akan meningkatkan proses pembelajaran dan membuat presentasi yang efektif bagi siswa serta dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik. Layar proyektor multimedia, power point file, animasi, video dan konten lainnya dari komputer akan sangat membantu siswa dalam menerima materi pembelajaran lewat teks dan gambar yang lebih besar pada papan tulis Interaktif. Sebuah presentasi yang baik dapat meningkatkan semangat untuk membaca dan meningkatkan retensi. Oleh karena itu seorang Guru dituntut untuk menguasai berbagai peralatan ICT guna meningkatkan ide-ide presentasi mereka.

Baca juga Atikel berikut ini :



1 komentar:

handout on 28 Oktober 2010 pukul 14.24 mengatakan...

terima kasih banyak atas idenya..
moga sukses selalu.
jika ingin tau profil saya silahkan kunjungi..
click this

Posting Komentar

Jalinan Teman

Powered By Blogger

Social Bookmarking Submission

DOMAIN GRATIS

 

paksoleh punya blog. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme Modified by Paksoleh | Distributed by Deluxe Templates